• SELAMAT MEMPERINGATI "HAR KEBANGKITAN NASIONAL 20 MEI 2015".
  • "DIRGAHAYU KE-8 KABUPATEN KEPULAUAN SITARO BERPEMERINTAHAN OTONOM, 23 MEI 2015".
  • Ciptakan keselamatan, kenyamanan transportasi yang efektif dan efisien
  • Keselamatan jalan tanggung jawab kita bersama
  • Utamakan keselamatan dalam penyelenggaraan transportasi
  • cubeRandom

  • block

  • cubeStop


Selasa, 05 Mei 2015 - 13:09:48 WITA
Indonesia Timur Segera Nikmati Layanan Internet Fiber Optic
Diposting oleh : Administrator DishubKomInfo - Kategori: Kominfo - Dibaca: 282 kali


   

JAKARTA – Masyarakat wilayah Indonesia bagian Timur sebentar lagi bakal merasakan layanan kabel fiber optic (kabel bawah laut) yang di gelar oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Dengan begitu, kebutuhan masyarakat luas terhadap data dan suara dalam bentuk broadband khususnya masyarakat Indonesia Timur dapat terpenuhi.

Investasi jasa penggelaran kabel laut ini mencapai lebih kurang Rp 100 miliar, dan target pekerjaan ini diharapkan selesai Juni, 2015.

Dalam hal ini, Telkom menggandeng PT Sarana Global Indonesia (SGI) untuk melaksanakan penggelaran kabel laut, Sistim Komunikasi Kabel Laut Luwuk Tutuyan (SKKL-LT) yang merupakan sistem repeater less Telkom terbaru; membentang dari daerah Luwuk, Sulawesi Tengah, hingga daerah Tutuyan, Sulawesi Utara.

Chandra Arie Setiawan, CEO PT SGI mengatakan, penggelaran kabel fiber optic menjadi bagian penting dari pembangunan infrastruktur di bidang telekomunikasi dan informatik di era sekarang ini. Apalagi, disadari makin luasnya kebutuhan penggunaan internet di hampir seluruh sendi kehidupan di era modern sekarang ini, kualitas kecepatan dan kemampuan internet sangat penting.

Internet kini menjadi kebutuhan dasar masyarakat luas di sektor telekomunikasi. Masyarakat di daerah terpencil pun sekarang membutuhkan telekomunikasi melalui internet. Untuk itu lah bersama Telkom, PT SGI mengambil peran penting dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi ini.

‘’Kami dipercaya kembali oleh Telkom untuk menggelar kabel laut dari Luwuk , Sulawesi Tengah, hingga Tuyutan, Sulawesi Utara, membentang sepanjang 348 kilometer melewati bawah laut hingga mencapai kedalaman 3.000 meter, menembus Laut Maluku,” jelas CEO PT SGI, Chandra Arie Setiawan, dalam keterangannya yang diterima Okezone, Selasa (5/5/2015).

Penggelaran bawah laut ini menggunakan jenis kabel Submarine Optical Cable G.654 Light Weight Protected (LWP), tipe: Single Armor (SA) dan Double Armor (DA) yang terdiri atas enam pasang fiber.

“Kami juga ingin membuktikan bahwa pada era pemerintahan Jokowi-JK pembangunan infrastruktur telekomunikasi berupa penggelaran kabel laut sudah dimulai di wilayah timur Indonesia,” tuturnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menambahkan bahwa program ini untuk kebutuhan infrastruktur broadband yang makin pesat, selain juga diperuntukan untuk wilayah Indonesia Timur.

“Peran Telkom sebagai telekomunikasi nasional berperan kuat sebagai flag carrier, dan itu terlihat kuat pula peran SGI sebagai pemain/kontraktor nasional untuk teknologi broadband kabel laut,” tegas Rudiantara. (Sumber : www.Okezone.com)